Resep Masakan Indonesia Semur Daging Sapi Betawi

Resep Masakan Indonesia Semur Daging Sapi Betawi
Hai sahabat Tips Resep Masakan, kali ini TipsResepMasakan.net akan berbagi Resep Masakan Indonesia Semur Daging Sapi Betawi. Saya melihat banyak orang yang mencari Resep Masakan Indonesia Semur Daging Sapi Betawi di google, makanya saya coba share di resep saya kali ini.

Semur daging sapi merupakan masakan khas Betawi yang populer karena rasanya yang enak, gurih, dan manis. Rasa manis yang dihasilkan dari kecap manis, proses merebus resep semur daging betawi ini relatif lama, menggunakan api kecil, sesuai dengan keempukan daging yang diinginkan.

Konon nama semur berasal dari smoor (bahasa Belanda), yang berarti makanan yang direbus dengan tomat dan bawang secara perlahan. Di Indonesia, berdasarkan relief di candi ataupun sejumlah prasasti, tradisi memasak daging rebus berbumbu sudah dikenal sejak abad ke 9.

Untuk menghasilkan semur daging yang empuk bergantung pada jenis atau kualitas daging sapi yang kita gunakan. Pilih daging sapi bagian paha atau has dalam. Buang serat putihnya sebelum di potong potong. Trik memotong daging sapi untuk masakan semur yaitu potong berlawanan dengan arah seratnya dan potong sedikit serong. Sekarang yuk kita simak Resep Masakan Indonesia Semur Daging Sapi Betawi dan cara membuatnya.

 

Resep Masakan Indonesia Semur Daging Sapi Betawi



Bahan bahan dan Bumbu Semur Daging Sapi Betawi:

  1. Bahan utama: daging sapi dengan kualitas yang bagus sebanyak 600 gram. Cari daging sapi has dalam yg banyak dagingnya.
  2. Kayu manis 3 cm.
  3. Kecap manis 100 ml.
  4. Daun salam 3 lembar.
  5. Bawang merah 8 siung, diiris tipis tipis.
  6. Bawang putih 8 butir, dimemarkan lalu cincang halus.
  7. Bawang bombay ukuran sedang 1 butir, diiris tipis tipis.
  8. Air bersih 1/4 liter untuk merebus daging.
  9. Cengkeh 4 pcs.
  10. Serai ambil batang bagian putihnya saja 2 pcs lalu dimemarkan.
  11. Ketumbar yg sdh disangrai sebelumnya 2 sendok makan saja (untuk bumbu halus).
  12. Jinten yg sdh disangrai sebelumnya satu sendok kecil saja (untuk bumbu halus).
  13. Jahe ukuran sedang besar 2 cm saja. Kupas kulitnya sebelum dihaluskan (untuk bumbu halus).
  14. Biji pala setengah bagian. Bisa dihilangkan kalau susah mencarinya (untuk bumbu halus).
  15. Lengkuas ukuran sedang besar 2 cm (untuk bumbu halus).
  16. Merica dua sendok makan (untuk bumbu halus).
  17. Garam dapur beryodium secukupnya saja sesuai selera (untuk bumbu halus).
  18. Bawang goreng secukupnya untuk bahan taburan diatas semur daging sapinya.

Cara Membuat Semur Daging Sapi Betawi:

  1. Pertama-tama membuat bumbu halusnya. Haluskan ketumbar,merica, jinten, lengkuas, biji pala dan jahe lalu beri garam secukupnya. Sebaiknya dihaluskan dengan cara diuleg agar lebih enak.
  2. Setelah itu ambil daging yang sdh dibersihkan lalu lumuri bagian dagingnya dengan bumbu halus diatas sambil sedikit diremas remas hingga merata, lalu diamkan selama kurang lebih satu jam supaya bumbu meresap sampai ke dalam dagingnya.
  3. Masukkan sisa bahan yang sudah dipersiapkan seperti serai, kayu manis, bawang bombay, bawang putih, bawang merah, daun salam dan kecap setelah itu bolak balik dan aduk hingga rata, diamkan selama kurang lebih 1/2 jam supaya lebih meresap.
  4. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil setelah itu masukkan daging dan semua bahan diatas.
  5. Setelah itu aduk-aduk sbntar lalu tuang air bersih yang sudah dipersiapkan sebelumnya, lalu dimasak sambil sesekali di aduk-aduk hingga daging benar-benar matang dan bumbunya meresap.
  6. Jika daging belum empuk tapi air sdh hampir habis, silahkan ditambahkan air sedikit sampai dirasa daging sudah benar benar matang dan empuk.

Nah itu dia Resep Semur Daging Sapi Betawi, silahkan dipraktekan di rumah ya guys, baca juga Resep Mie Ayam Lezat. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa like dan share ya, semoga yg like atau share banyak rejekinya, amin. Thanks