Ini Dia Tips Agar Daging Kambing Tidak Bau dan Empuk

Ini Dia Tips Agar Daging Kambing Tidak Bau dan Empuk
Hai sahabat Tips Resep Masakan, kali ini saya akan berbagi trik mengolah daging kambing: Ini Dia Tips Agar Daging Kambing Tidak Bau dan Empuk. Bagi sobat yang sedang mencari resep masakan kuliner silahkan lihat di menu categories ya. Kali ini kita akan membahas Tips Agar Daging Kambing Tidak Bau dan Empuk, yuk disimak guys.

Tips agar daging kambing tidak alot atau empuk:

  1. Untuk membuat empuk daging kambing gunakan bubuk papain. Enzim papain adalah hasil olahan yang diperoleh dari mengolah batang dan buah papaya muda.
  2. Ketika daging kambing diolah untuk membuat sate, sebelumnya rendam daging kambing dalam bumbu dengan campuran baking powder.
  3. Jeruk nipis mempunyai banyak manfaat, selain dapat melunakkan dan mengurangi bau amis daging kambing, air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri. Caranya lumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis, lalu diamkan 30 menit, lalu masak seperti biasa.
  4. Bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya. Enzim dalam daun pepaya akan bekerja menjadikan daging kambing lebih empuk. Jika tidak ada daun pepaya, juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging kambing.
  5. Buah pir bisa untuk melunakkan daging. Cara menggunakannya, yaitu dengan cara parut buah pir, lalu gunakan untuk melumuri daging.
  6. Selain buah pir, getah nanas yang tajam juga bisa digunakan untuk melunakkan daging kambing yang alot. Caranya lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, lalu diamkan 30 menit. Setelah itu masak seperti biasa.

Baca juga: Resep Gulai Kambing Gurih


Tips agar daging kambing tidak bau:
  1. Agar Daging kambing tidak bau, daging kambing tidak perlu terlalu banyak dicuci, karena justru akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing cukup melumuri dengan air perasan jeruk nipis, lalu diamkan sebentar.
  2. Cara lain yaitu dengan menggunakan jahe, caranya yaitu cincang jahe dan campurkan bersama daging kambing. Aroma jahe akan menutupi bau tidak sedap pada daging kambing. Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya haluskan jahe lalu campurkan bersama dengan bumbu lainnya. 
  3. Lemak yang berlebih pada daging kambing juga membuat daging bau, oleh sebab itu buang lemak berlebih yang menempel pada daging dengan mengirisnya. Tips agar lebih mudah, dinginkan dulu daging kambing di dalam kulkas. Apabila lapisan lemak sudah beku, mengiris lemak akan lebih mudah.
  4. Gunakan bumbu-bumbu yang beraroma kuat untuk bahan bumbu daging kambing seperti kayu manis, kapulaga, cengkeh, dan bumbu rempah lainnya. Selain untuk menghilangkan bau, juga untuk menambah cita rasa pada masakan.
  5. Jika ingin mencuci daging terlebih dahulu, maka rebus daging kambing yang sudah dicuci dengan menggunakan campuran rempah-rempah yang beraroma harum seperti jahe, daun jeruk, kemangi dan serai.
  6. Cara lain yaitu rebus daging kambing dengan menggunakan potongan lobak secukupnya, setengah jam kemudian keluarkan lobaknya.
  7. Balurkan garam ke permukaan daging kambing, lalu diamkan selama 45menit - 60 menita. Jika sudah cuci kembali daging kambing sebelum diolah.
Nah itu dia Ini Dia Tips Agar Daging Kambing Tidak Bau dan Empuk, baca juga Resep Masakan Khas Sunda Nasi Tutug Oncom Lezat. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share di bawah ya. Thanks